Setting Jaringan
Komputer Lokal (LAN – Local Area Network)
Prosedur yang
dilakukan untuk mengkonfigurasi Network Adapter Card (bisa dilihat di gambar
seperti diatas).
1. Click Start à
Setting à Control Panel sampai keluar kotak dialog Control Panel (seperti
terlihat digambar dibawah ini)
2. Double-Click
Icon Network Connection sampai keluar kotak dialog Network Connection
3. Double-click
Icon Local Area Connection sampai keluar kotak dialog Local Connection Area
Status
4. Click
Properties sampai keluar kotak dialog Local Area Connection Properties
5. Double-Click Internet
Protocol (TCP/IP) yang ada di dalam kotak dialog Local Area Connection
Properties sampai keluar kotak dialog baru : Internet Protocol (TCP/IP)
Protocol
Masukkan data-data
IP Address seperti gambar diatas. Data IP Address setiap UAD akan berbeda-beda
dan unik (tidak boleh sama antara satu AUD Kampus III dengan UAD Kampus lain ).
Data IP Address ini, nanti akan diberikan saat instalasi Broadband selesai
(saat aktifasi jaringan)
Data-data IP Address yang paling diperlukan oleh
setiap PC yang akan disetting di setiap remote UAD adalah sbb :
1. Default Gateway
à IP Address dari modem Broadband. Diberikan menyusul saat aktifasi.
2. IP Address à IP
Address ini merupakan satu class dengan IP Modem Broadband (IP Default Gateway)
nantinya.
3. Subnet Mask à
Data Blok IP yang akan diberikan, mestilah meng-ingclude-kan data Subnet Mask
ini.
4. Setelah
data-data setting TCP/IP ini dimasukkan, click OK untuk menutup kotak dialog
Internet Connection (TCP/IP) Properties
5. click OK untuk
menutup kotak dialog “Local Area Connection Properties”
6. Click Star à
Run à sampai keluar kotak dialog RUN, dan ketikkan CMD sampai keluar kotak
dialog baru “command”
7. Di kotak dialog
“Command” tadi, ketikkan : ipconfig
Jika Ethernet dari
computer belum tersambung dengan LAN, akan keluar hasil seperti gambar dibawah.
7.1. Jika
dilakukan test PING saat kondisi Komputer belum tersambung ke LAN, akan didapat
hasil seperti gambar dibawah.
7.2. Setelah
computer tersambung ke LAN, ketik IPCONFIG /ALL untuk melihat IP Address yang
terpasang di Komputer user tersebut. Hasilnya bisa dilihat seperti gambar
dibawah ini.
Jika didapatkan hasil ping test (Request
timed out), Kemungkinan ada problem di jaringan Lokal.
Kemungkinan
problem ada bisa dari sbb :
- Konektor kabel
jaringan (kabel LAN) terpasang kurang kencang. à Kencangkan koneksi pemasangan
kabel LAN ke port Hub Ethernet dan ke Card PC LAN
- Kabel LAN yang
tidak bagus (ada pin-pin koneksi kabel yang putus ditengah) Ganti dengan kabel
LAN lain yang bagus
- Port Hub
Ethernet yang tidak bagus (longgar atau bad contact) à Coba pindah port
Jika didapatkan
hasil ping test seperti gambar diatas (Reply from x.x.x.x ),
bisa dipastikan bahwa jaringan beroperasi dengan normal.
Setiap user
jaringan di remote UAD, diharapkan paling tidak, bisa melakukan action seperti
diatas. Target user di UAD adalah memastikan jaringan local LAN terhubung
dengan IP Ethernet dari Modem Broadband yang merupakan Gateway jaringan UAD
menuju Jaringan Server UAD Pusat dan Internet.
Jika PC user telah
bisa melakukan ping test seperti diatas, dan mendapatkan hasil Reply from
x.x.x.x à (Ip modem), maka bisa dipastikan jaringan LAN di UAD tersebut tidak
ada masalah.
Setelah memastikan
di jaringan LAN tersebut tidak bermasalah, user di UAD diarahkan untuk
melakukan TEST PING IP Address Server Pusat. Cara melakukan test ping ini sama
dengan melakukan test ping IP Modem di jaringan local. Perbedaannya hanya di IP
ADDRESS yang akan di ping dimasukkan IP Address computer yang ada di kantor
pusat, atau IP Address yang ada di internet. Selanjutnya dilakuka test aplikasi
– aplikasi internet.
ik min
BalasHapussolder uap