Selasa, 26 Februari 2013

Tips meng-upgrade RAM di komputer



Tips meng-upgrade RAM di komputer



RAM merupakanmemori primer yang ada di setiapkomputer. Kecepatannyabisamencapai 300 kali lebihcepatdariharddisk, berfungsiuntukmenampunginstruksi-instruksidariprosesormaupun program yang sedangberjalan.

RAM berbentuk 1 keping PCB denganbanyak IC dikeduasisi. Tersediadalamkapasitas 128MB, 256MB, 512MB, 1GB, 2GB sampai 4GB satukepingnya. Saatini RAM yang beredar di pasaranumumnyatelahberkapasitas 1GB keatas. RAM untuk laptop dinamakan SODIMM, untuk PC desktop dinamakan DIMM.

Berikutinisaya share tips bagianda yang inginmeng-upgrade RAM di komputeranda, baikitu PC desktop maupun laptop:
1. Gunakan RAM dengankecepatan yang sama
Tingkat kecepatansuatu RAM dinyatakandalam PC, misalnya PC 8500, PC 10600.Jadigunakan RAM dengannilai PC yang samadengan RAM lama. Misalnya RAM lama kecepatannya PC 5300, maka RAM barujuga PC 5300.
RAM komputer yang lebihcepatselalumenyesuaikankecepatannyadengan RAM yang lebihlambat.

2. Manfaatkanfitur dual channel

Motherboard biasanyamemiliki 4 slot untuk RAM. Denganmemiliki 2 keping RAM, andabisamenggunakanfitur dual channel yang memberikanlaju transfer data lebihcepatdibandingkan 2 keping RAM pada single channel. Caranyadenganmemasang RAM pada 2 slot yang samawarnanya. Slot 1 dan slot 3, atau slot 2 danslot 4. Hal inijugaberlakupada laptop yang memiliki 4 slot.
Untukmengaktifkanfiturini, kedua RAM harusmemilikikecepatan yang identiksatusama lain.

3. Perhatikanjuga timing RAM-nya, usahakanidentik
Selain PC, kecepatan RAM jugadinyatakandalam cl (clock) timing. Kalau yang inisayabarutahubeberapahari yang lalu :D
Di kemasan RAM adatulisankombinasi 4 angka, bisajugadengankoma, misalnya 7 5.5 7 12.Itumerupakan clock speed RAM. Untukmengetahui clock speed RAM yang sedangandapakai, bisamenggunakan freeware CPU-z.

Itusaja tips untukmeng-upgrade RAM, jadibukanhanyasembarangmembelilalupasang, adajugahal-hal yang perludiperhatikan agar hasilnyamaksimal.

Pertanyaan-pertanyaan yang seringmuncul:
- RAM denganspesifikasisamatapibedamerk?
Lebihbaikkalausamamerk, namunjikatidakmemungkinkangunakan RAM dengankecepatan yang sama, bedamerktidakmasalah. Cumaterkadangtidakbisamendukung dual channel.
- RAM lama saya PC 5300, RAM baru PC 10600. Kecepatanmanakah yang akandioperasikan?
Kecepatanpadakedua RAM akandisamakan, yaitu PC 5300. RAM yang lebihcepatakanmenyesuaikankecepatannyadengan RAM yang lebihlambat.

Semoga tips ini bergunabagi anda


0 komentar:

Posting Komentar